Mesjid Pangeran Suriansyah

Masih di sekitar Makam Sultan Suriansyah di Kuin Utara, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin berjalan kaki kira-kira 100 meter kita akan menemui mesjid bersejarah peninggalan Pangeran Suriansyah, mesjid ini didirikan pada masa pemerintahan beliau tahun 1526-1550. Beliau juga raja pertama yang memeluk agama islam dan kemudian mendirikan mesjid ini.

Dengan arsitektur bangunan mesjid terbukti bangunan ini masih asli walaupun pernah direnovasi bagian-bagian tertentu yang memang perlu di perbaiki, bahan bangunan seperti tiang-tiangnya masih menggunakan kayu ulin jaman dulu.

Informasi yang di dapat dari berbagai sumber di internet sbb :
2 buah inskripsi yang tertulis pada bidang berbentuk segi delapan berukuran 50 cm x 50 cm yakni pada dua daun pintu Lawang Agung. Kedua inskripsi ini menunjukan hari senin 10 Sya’ban 1159 telah berlangsung pembuatan Lawang Agung(renovasi masjid) oleh Kiai Demang Astungkara pada masa pemerintahan Sultan Tamjidillah I (1734 -1759). Di dalam masjid juga terdapat sebuah Mimbar kuno yang masih digunakan oleh khatib untuk khutbah Jum’at. 

Masjid Sultan Suriansyah adalah saksi bisu perkembangan agama islam di Banjarmasin dan perkembangan Kota Banjarmasin pula dari masa ke masa. Pengunjung wisatawan yang berziarah ke makam Sultan Suriansyah pasti tidak melewatkan untuk berkunjung ke mesjid beliau untuk sholat.

6 Response to "Mesjid Pangeran Suriansyah"

  1. Wuihh harus di lestarikan tuuhh sebagai bukti perkembangan Islam Nusantara ^_^

    thanks ya sob... dah komen, memang d indonesia bnyk peninggaln2 sejarah islam

    info says:

    Wah ini yang harus dijaga...

    eh...ada masjid abahku nengkreng disini..makasih cal lah sudah mempostingakan...xixixixixi....

    Mesjid mana lagi yang beluman yuw lah...
    ^_^

    Mesjid kelayan man.....
    wkwkwkwkkwkwk

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Kritik dan Saran Anda di sini....

Teknisi Laptop

Panduan mudah menjadi Teknisi Laptop, memperbaiki Laptop sendiri silahkan kunjungi Website kami di http://teknisilaptop.com

Album Laskar06