Jembatan Rumpiang Kota Marabahan

Perjalanan wisata ke salah satu jembatan termegah  yang ada di Kalimantan Selatan, jembatan Rumpiang kota Marabahan Kabupaten Barito Kuala.

Jembatan Rumpiang merupakan jembatan yang mirip dengan jembatan yang ada di negara Australia Sidney, jembatan ini menghubungkan kota Banjarmasin dengan kota  Marabahan.
Sebelum jembatan ini  di bangun masayarakat yang datang dari kota Banjarmasin menuju kota Marabahan ataupun sebaliknya, hanya menggunakan jasa kapal penyeberangan atau kapal fery yang harus menunggu berjam-jam untuk menyeberang sungai Barito, tentu di bangunnya jembatan ini bertujuan untuk mempermudah dan memperlancar transportasi masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas serta memajukan kota ini yang lumayan tertinggal dari kota-kota lain.

Jembatan ini diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 25 April 2008, panjang jembatan ini  753 meter di atas sungai Barito dan jarak jembatan ini dari Kota Banjarmasin sekitar 44 kilometer (sumber internet), lama perjalanan memakan waktu sekitar satu setengah jam dengan menggunakan sepeda motor.

Jembatan inipun di jadikan objek wisata, selain masyarakat kota marabahan, banyak juga dari berbagai luar kota yang berkunjung hanya untuk melihat jembatan megah kedua ini selain jembatan Barito, terutama saya dan teman-teman yang jauh-jauh datang dari kota Banjarmasin hanya untuk melihat secara langsung kemegahan dan keindahan jembatan Rumpiang ini, yang  sebelumnya hanya melihat dari internet saja. (saya yang pakai jaket bersandar di pagar jembatan dan sahabat saya yang  pakai baju warna kuning duduk di sepeda motor)

Sungai Barito yang membentang luas… 
Kapal besar yang mengangkut batu bara…
serta kapal-kapal kecil yang melintas di sungai Barito melewati bawah jembatan Rumpiang....

di tambah  sekitar  tampak pohon-pohon hijau menjadi pemandangan yang sangat indah …

3 Response to "Jembatan Rumpiang Kota Marabahan"

  1. Anonim says:

    jembatan rumpiang keren bngt,bagaimana klau jembatan rumpiang dijadikan keajaiban dunia

    Mantap sob..
    banjarmasin yang dijuluki kota saribu sungai seharusnya memiliki jembatan2 yang tidak kalah bagusnya dengan yg ada di marabahan ini,

    tapi jembatan2 kecil saja, malah banyak yang rusak
    !

    heri says:

    jembatan rupiang mang dah ditunggu2 karna selama ini tranportasi mau ke banjar harus lewat fery kalau sekarang bablas angini langsung aja deh lewat,jadi makin pesat perkembangan kota maranbahan,tidak jadi kota yang tidak di kenal orang.
    jembatan rumpiang menuju kota marabahan nang bahalap

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Kritik dan Saran Anda di sini....

Teknisi Laptop

Panduan mudah menjadi Teknisi Laptop, memperbaiki Laptop sendiri silahkan kunjungi Website kami di http://teknisilaptop.com

Album Laskar06