Mesjid Raya Sabilal Muhtadin

Mesjid Raya Sabilal Muhtadin adalah mesjid terbesar di kota Banjarmasin, (Kalimantan Selatan) terletak di  Jalan Jendarl Sudirman dan posisinya berada di tengah-tengah kota. Mesjid ini merupakan kebanggaan warga Banjarmasin, berbagai acara keagamaan pun sering di selenggarakan,
bahkan tiap malam-malam yang di tentukan di adakan pengajian, dan tak jarang mesjid ini di jadikan sebagai pusat untuk peringatan hari-hari besar islam.

Taman yang begitu luas dan pohon-pohon yang sudah berumur puluhan tahun masih ada di sekitar taman ini, tak jarang orang sering berteduh untuk melepas lelah…menikmati kerindangan pohon dan udara yang sejuk. Di daerah komplek Mesjid ini juga dilengkapi dengan "Sekolah Islam Sabilal Muhtadin". Masih disekitar komplek Mesjid juga terdapat Taman Maskot yang dulunya Kebun Binatang sekarang kebun binatangnya di pindah dan hanya berfungsi sebagai Taman Maskot serta untuk kegiatan Taman belajar karena terdapat berbagai jenis tumbuhan. Menyeberang ke sebelah jalan raya terdapat Siring Sungai Martapura, keberadaan siring inipun menambah indah pemandangan sekitarnya.






Definisi yang saya peroleh dari Internet :
  • Nama ”Sabilal Muhtadin” merupakan nama penghargaan terhadap ulama besar Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary (1710-1812) yang selama hidupnya memperdalam dan mengembangkan Islam di Kerajaan Banjar.
  • Mesjid berada di atas tanah seluas 100.000 meter persegi. Yang dulunya Kompiek Asrama Tentara Tatas pada waktu zaman kolonialisme Belanda tempat ini dikenal dengan Fort Tatas atau Benteng Tatas.
  • Dapat menampung jemaah sebanyak 15.000 orang, yaitu 7.500 pada bagian dalam dan 7.500 pada bagian halaman bangunan.
Mohon ma'af photo tidak begitu jelas, di karenakan photo diambil pada saat cuaca tidak bersahabat.

3 Response to "Mesjid Raya Sabilal Muhtadin"

  1. iplock says:

    mas sering2 komen blog sobat yang laen,biar ada yang komen balik, ntu saran ane sih.
    btw pertamax nih,heheee...

    thanks sob dah komen n beri saran yg bgus...
    hehe.. msih banyk blajar ge nih ana,

    subhanallah !!
    luar biasa indah !!!

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan Kritik dan Saran Anda di sini....

Teknisi Laptop

Panduan mudah menjadi Teknisi Laptop, memperbaiki Laptop sendiri silahkan kunjungi Website kami di http://teknisilaptop.com

Album Laskar06